Berita Ibukota

Sebagian Besar Listrik Wilayah Jakarta Raya Padam Pagi Ini

Jakarta, – Sebagian besar listrik di kawasan Jakarta dan sekitarnya padam pada hari ini. Berdasarkan pemantauan dari situs peta listrik Jakarta (pelita PLN Jaya), padamnya listrik itu terjadi sejak pukul 07.18 WIB. Dari situs itu dilaporkan estimasi listrik akan menyala lagi tiga jam setelahnya.

Sementara itu, lewat akun Facebook contact center PLN (PLN 123), padamnya listrik itu terjadi akibat gangguan jaringan kelistrikan. Dan, wilayah yang terdampak mencakup Jakarta Raya, Tangerang dan Banten.

Deputi Manajer Komunikasi PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Dini Sulistyowati mengatakan gangguan listrik itu diketahui terjadi di Gardu Induk Ekstra Tinggi Muarakarang.

“Soal penyebab gangguan subsistem, masih dicari. Kita fokus ke penormalan beberapa wilayah, sebagian sudah menyala. [Jakarta] Pusat, Selatan, sudah [menyala]. Bintaro sekitaranya saja yang belum,” ujar Dini 

 

Selasa (2/1).

“Belum terdeteksi apa penyebab gangguannya, karena muara karang dan gardunya kena dampaknya. Kita fokus menormalisasi dulu,” katanya menambahkan.

Akibat padamnya aliran tenaga tersebut, terjadi hambatan termasuk dalam perjalanan commuter line dan Transjakarta.

Salah satunya seperti yang dilaporkan Komisoner Ombudsman RI, Alvin Lie, lewat akun Twitternya. Alvin mengabarkan KRL dari arah Serpong berhenti karena listrik mati.

Total, ada 618 wilayah yang terkena pemadaman akibat gangguan listrik tersebut. Salah satu di antaranya adalah di kawasan Jalan Raya Jenderal Sudirman, Jakarta. Padamnya listrik tersebut pun menyambangi Bursa Efek Indonesia yang berada di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Sebelum pembukaan perdagangan BEI 2018 yang dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla listrik di BEI sempat padam. Namun, bisa hidup kembali akibat tenaga cadangan.

Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan PT BEI Yulanto AJi Sadono mengatakan, perdagangan efek tetap akan berjalan dengan normal walaupun sempat terjadi gangguan listrik.

“Setelah melalui berbagai upaya pemulihan dan manajemen krisis yang baik, pada pukul 08.15 waktu JATS, diputuskan bahwa perdagangan telah berjalan normal seperti biasa tanpa adanya perubahan jadwal perdagangan,” ujar Yulianto.

sumber

Bosweb.id
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top